Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selalu melahirkan insan-insan penyanyi berkualitas setiap tahunnya. Dalam rangka menciptakan para penyanyi di atas rata-rata, kemampuan dan mental tiap individu terutama para generasi baru mulai dibentuk sejak dini melalui kerja keras, kedisiplinan, serta ketulusan. Merealisasikan tujuan utama tersebut, New Comers’ Concert hadir sebagai wadah bagi penyanyi generasi terbaru untuk menguji dan mengasah mental serta ketangkasan dalam dunia tarik suara.

Selain sebagai tahap final dari rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru (PAB), New Comers Concert juga merupakan ajang unjuk gigi bagi generasi termuda PSM UGM untuk mengerahkan serta menunjukkan hasil kerja keras dan berbagai tantangan yang telah mereka lalui selama proses pembelajaran dini dalam bidang olah vokal. Lagu-lagu yang dibawakan pun beragam. Melalui lantunan lagu-lagu historikal, kontemporer, hingga folklore, para generasi termuda PSM UGM akan menunjukkan kualitas performa dan semangat yang tinggi dalam bermusik.

Terhitung dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sejak 2015, PSM UGM telah sukses menyelenggarakan tiga New Comers’ Concert meskipun sempat sekali mengalami penundaan.

“Baru” (2015) merupakan konser yang diperuntukkan bagi generasi PSM UGM angkatan 44. Sesuai dengan tema yang diusung, konser tersebut diharapkan dapat menjadi awal yang baru dari segala sesuatu bagi generasi angkatan 44 selama mereka berproses dalam dunia paduan suara.

Tak kalah megah dengan konser sebelumnya, “Journey” (2016) berhasil melanjutkan tongkat estafet kesuksesan New Comers’ Concert PSM UGM. ‘Petualangan’ menjadi tajuk yang dipilih untuk menggambarkan suatu pengembaraan panjang nan dinamis yang akan dilalui oleh generasi angkatan 45 di PSM UGM.

Sempat mengalami penundaan di tahun 2017, tak menyurutkan bara kesuksesan New Comers’ Concert di tahun selanjutnya. Tahun 2018 menjadi saksi akan keberhasilan konser “Prelude” yang kian spektakuler dan atraktif. Menyambung kembali sulut New Comers Concert tahun 2016, konser tersebut berhasil menunjukkan totalitas serta kualitas yang tak diragukan lagi oleh generasi angkatan 47. “Prelude” yang secara harafiah memiliki arti ‘awal’ atau ‘permulaan’ berhasil melukiskan dinamika suatu perjalanan yang selalu diawali dengan permulaan yang matang. Dan konser “Prelude” menjadi tolak ukur kesiapan mental serta kemampuan angkatan 47.

Sebuah ketertarikan tersendiri menyaksikan generasi baru melakukan aksi unjuk gigi sebagai evaluasi pembelajaran yang telah dilalui sejak dini. Dan Paduan Suara Mahassiwa Universitas Gadjah Mada selalu siap sedia memberikan wadah yang layak bagi generasi-generasi terbaru setiap tahunnya melalui New Comers’ Concert.